Pentingnya Personal Branding dan Etika Blogger
:
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saat mengikuti event seru yaitu Blogger Talkshow tentang Personal Branding dan Etika Blogger.
Event ini merupakan perdana dari Katarasa Event organizer yang diadakan pada hari Rabu, 13 Maret 2019 di Coffee Toffee Gasibu Bandung.
Acara dibuka dengan sambutan dari Katarasa Event Organizer yang diwakili oleh Teh Sugi Siswiyanti.
Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dari salah satu sponsor yaitu JD.id sebagai salah satu marketplace yang barang-barangnya dijamin original, sering pula harganya lebih murah dibandingkan tempat lain. JD.id menjadi salah satu solusi bagi saya yang memiliki anak batita sehingga belanja susu dan popok masih menjadi rutinitas.
Belanja di JD.id seperti mendapat keuntungan berlipat karena hal-hal ini:
1. Barang dijamin original
2. Mendapat harga murah karena sering diskon
3. Free ongkos kirim
4. Mendapatkan cashback jika menjadi JDPartner.
JDPartner adalah referral program dari JD.id, yaitu member get member. Caranya adalah membuat akun JD.id dan daftar JDPartner. Kami para blogger yang mengikuti acara ini otomatis menjadi JDPartner.
Keuntungannya adalah setiap kali belanja akan mendapatkan cashback, syaratnya adalah Partner dan Customer dibawah jaringannya belanja minimal sekali dalam sebulan. Cashback akan ditansfer ke rekening JDPartner di akhir bulan berikutnya. Siapapun dapat bergabung menjadi JDPartner, bisa menggunakan referral code saya yaitu "lindanurmuhaimin", tinggal masukkan di kolom pengundang saat mendaftar sebagai JDPartner. Boleh dicoba yaa kakak π
PERSONAL BRANDING
Tema Personal Branding dibawakan oleh Teh Nurma Larasati yang merupakan CEO dari salah satu start up Halal Local yang merupakan sebuah aplikasi yang khususnya ditujukan bagi para muslim traveler.
Di dalamnya berisi data diantaranya tentang Halal Trip, Halal Food dan Tempat Ibadah / Masjid di sekitar tempat kita berada saat traveling ke luar kota maupun luar negeri sehingga sangat membantu dan memudahkan para muslim traveler.
Halal Local memiliki data-data tersebut yang berasal dari 110 negara yang ada di dunia....Keren banget kan...
Semua kesuksesan ini dibangun dengan penuh perjuangan. Diawali dengan membangun Personal Branding yang baik di masyarakat.
Tidak mudah bagi Teh Nurma Larasati dalam membangun Personal Branding tersebut, karena awalnya saat di bangku sekolah dulu Teh Nurma merasa tidak cukup percaya diri dan belum berhasil membangun personality yang baik.
Keadaan berubah saat menginjak bangku kuliah di Malaysia, Teh Nurma mengikuti banyak kegiatan kemahasiswaan dan mentargetkan minimal 40 sertifikat dari kegiatan-kegiatan tersebut, luar biasa semangat yaaa...
Ternyata untuk membuat/mencipktakan Personal Branding itu tidaklah mudah, banyak hal yang harus dilalui untuk dapat menemukan sesuatu yang kita banget.
Hal ini tentunya tidaklah mudah, karena kita dituntut untuk bekerja keras.
Pada tahun 2016 Teh Nurma mendirikan Astrajingga dengan 2 founder dan 5 investor yang berkembang menjadi PT di tahun 2017. Kemudian dihasilkan 2 produk yaitu:
1. Monicca, merupakan aplikasi financial advisor
2. Halal Local, merupakan aplikasi pencarian produk halal di berbagai belahan dunia
Pada perkembangannya yang lebih muncul adalah produk Halal Local yang saat ini mulai dikenal luas di masyarakat khususnya muslim traveler, bahkan berhasil masuk ke dalam Global Stage.
Yang harus diperhatikan saat membangun Personal Branding adalah:
1. Passion, hal inilah yang pertama kali harus digali, dan ini sangat penting karena untuk berkembang kita harus melakukan hal yang kita sukai. Bukankah menyenangkan jika pekerjaan kita adalah hobi kita? Pasti kita akan melakukannya dengan senang hati dan tanpa beban sehingga hasilnya bisa optimal.
2. Skill, keahlian adalah sesuatu yang dapat ditingkatkan sambil melakukan praktik langsung bukan hanya teori. Jadi mulailah melakukan sesuatu yang bermanfaat sesuai minat kita, jam terbang yang tinggi otomatis akan mengasah skill kita.
3. Opportunity & Needs, jangan sia-siakan kesempatan emas yang datang pada kita, karena belum tentu kesempatan datang dua kali meskipun ada kemungkinan itu tapi tidak perlu terlalu berharap. Selain itu perlu juga memperhatikan kebutuhan pengembangan diri dan kebutuhan yang ada di masyarakat, karena apapun yang kita buat terutama dalam dunia bisnis harus memperhatikan kebutuhan pasar jika kita menginginkan produk kita laku di pasaran.
Seperti Halal Local yang menjawab semuanya atas Personal Branding dari Teh Nurma Larasati. Passion yang sesuai, niat baik untuk membantu sesama muslim, skill yang terus terasah, kesempatan yang tidak disia-siakan serta jeli dalam melihat peluang pasar.
Selamat yaa buat Teh Nurma Larasati, semoga makin sukses dan terus memberikan kebaikan dan manfaat khususnya bagi Umat Muslim... Insyaallah berkah.
Semoga kita semua, apapun profesinya dapat menciptakan Personal Branding yang baik pula. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin
ETIKA BLOGGER
Tema kedua adalah Etika Blogger yang disampaikan dengan sangat asik oleh Teh Erry Andriyati, seorang Blogger pemilik akun blog Bibi Titi Teliti dan sangat menyukai Drama Korea.
Celotehannya yang ceplas-ceplos sangat menyegarkan siang itu yang lumayan panas, kehebohannya membuat para peserta talkshow tetap antusias mengikuti materi yang diberikan oleh Teh Erry.
Sebagai seorang blogger tentu kita harus meningkatkan kemampuan kita dalam memahami seluk beluk dunia blogger.
Bukan hanya cara menulis yang baik dengan ciri khas tertentu dan tetap menjadi diri sendiri tapi ternyata ada yang jauh lebih penting dari sekedar membuat tulisan bagus, yaitu Etika Blogger.
Berbicara tentang Etika Blogger, banyak komponen yang harus dipenuhi supaya menjadi seorang blogger profesional, diantaranya yaitu:
1. Konten atau tulisan harus original, bukan hasil plagiat
2. Tulisan dapat dipertanggungjawabkan, baik itu info data maupun sumber referensi
3. Bersikap bijak dalam memberikan ide maupun tanggapan/respon pembaca
4. Jangan sekedar copy paste dari press release karena isi tulisan kita harus berdasarkan pengalaman kita mengikuti acara atau menggunakan suatu produk dari brand tertentu atau sponsor yang harus direview
5. Berikan review yang jujur supaya pembaca tidak salah informasi. Jika ada hal yang kurang berkenan ato tidak pas dengan kita atas satu produk maka review tetap disampaikan dengan cara yang diplomatis supaya tidak ada yang tersakiti
6. On time datang ke acara dimana kita diundang, juga on time posting konten di media sosial maupun blog sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh penyelenggara
7. Jaga integritas dengan tidak melakukan black campaign karena hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain
8. Menghargai perbedaan pada setiap blogger karena masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.
PUTRI AYU TRADISIONAL MASKER
Acara Blogger Talkshow ini juga dipsonsori oleh Putri Ayu Tradisional Masker, salah satu UMKM yang memproduksi beberapa varian masker diantaranya, yaitu:
1. Kunyit
2. Milk
3. Oat
4. Coklat
5. Madu
Kebetulan saya dapat varian Milk. Tekstur masker ini lembut dan aromanya harum
Saya suka yang tradisional seperti ini karena lebih alami dan membantu melestarikan warisan budaya leluhur.
Yuk nonton video saya saat menggunakan masker ini, klik link youtube channel saya di bawah ini:
Sensasi segar dan lembab dari Putri Ayu Tradisional Masker
Jangan lupa like, subscribe dan comment.
Terima kasih kepada Katarasa Event Organizer yang sudah membuat acara ini, kepada Coffee Toffee Gasibu tempat ngopi asik dengan banyak spot yang instagramable.
Tidak lupa terima kasih kepada para sponsor dan teman-teman blogger, semoga kita semua bisa maju bersama ke arah yang lebih baik dan berkah tentunya.
Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
----------------------------------
Follow IG:
@katarasaevent
@coffeetoffeegasibu
@takafulkeluarga
@putriayutradisionalmasker
@jdid
#literasiblogger
#katarasatalk1
#coffeetoffeebandung
#takafulevent
#jdid
#maskerputriayu
Peserta, Panitia dan Pembicara pada event Blogger Talkshow (Photo source: Katarasa) |
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saat mengikuti event seru yaitu Blogger Talkshow tentang Personal Branding dan Etika Blogger.
Event ini merupakan perdana dari Katarasa Event organizer yang diadakan pada hari Rabu, 13 Maret 2019 di Coffee Toffee Gasibu Bandung.
Acara dibuka dengan sambutan dari Katarasa Event Organizer yang diwakili oleh Teh Sugi Siswiyanti.
Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dari salah satu sponsor yaitu JD.id sebagai salah satu marketplace yang barang-barangnya dijamin original, sering pula harganya lebih murah dibandingkan tempat lain. JD.id menjadi salah satu solusi bagi saya yang memiliki anak batita sehingga belanja susu dan popok masih menjadi rutinitas.
Pengenalan JD.id |
Belanja di JD.id seperti mendapat keuntungan berlipat karena hal-hal ini:
1. Barang dijamin original
2. Mendapat harga murah karena sering diskon
3. Free ongkos kirim
4. Mendapatkan cashback jika menjadi JDPartner.
JDPartner adalah referral program dari JD.id, yaitu member get member. Caranya adalah membuat akun JD.id dan daftar JDPartner. Kami para blogger yang mengikuti acara ini otomatis menjadi JDPartner.
Keuntungannya adalah setiap kali belanja akan mendapatkan cashback, syaratnya adalah Partner dan Customer dibawah jaringannya belanja minimal sekali dalam sebulan. Cashback akan ditansfer ke rekening JDPartner di akhir bulan berikutnya. Siapapun dapat bergabung menjadi JDPartner, bisa menggunakan referral code saya yaitu "lindanurmuhaimin", tinggal masukkan di kolom pengundang saat mendaftar sebagai JDPartner. Boleh dicoba yaa kakak π
PERSONAL BRANDING
Tema Personal Branding dibawakan oleh Teh Nurma Larasati yang merupakan CEO dari salah satu start up Halal Local yang merupakan sebuah aplikasi yang khususnya ditujukan bagi para muslim traveler.
Di dalamnya berisi data diantaranya tentang Halal Trip, Halal Food dan Tempat Ibadah / Masjid di sekitar tempat kita berada saat traveling ke luar kota maupun luar negeri sehingga sangat membantu dan memudahkan para muslim traveler.
Halal Local memiliki data-data tersebut yang berasal dari 110 negara yang ada di dunia....Keren banget kan...
Semua kesuksesan ini dibangun dengan penuh perjuangan. Diawali dengan membangun Personal Branding yang baik di masyarakat.
Tidak mudah bagi Teh Nurma Larasati dalam membangun Personal Branding tersebut, karena awalnya saat di bangku sekolah dulu Teh Nurma merasa tidak cukup percaya diri dan belum berhasil membangun personality yang baik.
Keadaan berubah saat menginjak bangku kuliah di Malaysia, Teh Nurma mengikuti banyak kegiatan kemahasiswaan dan mentargetkan minimal 40 sertifikat dari kegiatan-kegiatan tersebut, luar biasa semangat yaaa...
Pemaparan Personal Branding oleh Teh Nurma Larasati, CEO Halal Local |
Ternyata untuk membuat/mencipktakan Personal Branding itu tidaklah mudah, banyak hal yang harus dilalui untuk dapat menemukan sesuatu yang kita banget.
"Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membangun Personal Branding yang baik adalah dengan keluar dari zona nyaman."
Hal ini tentunya tidaklah mudah, karena kita dituntut untuk bekerja keras.
Pada tahun 2016 Teh Nurma mendirikan Astrajingga dengan 2 founder dan 5 investor yang berkembang menjadi PT di tahun 2017. Kemudian dihasilkan 2 produk yaitu:
1. Monicca, merupakan aplikasi financial advisor
2. Halal Local, merupakan aplikasi pencarian produk halal di berbagai belahan dunia
Pada perkembangannya yang lebih muncul adalah produk Halal Local yang saat ini mulai dikenal luas di masyarakat khususnya muslim traveler, bahkan berhasil masuk ke dalam Global Stage.
Yang harus diperhatikan saat membangun Personal Branding adalah:
1. Passion, hal inilah yang pertama kali harus digali, dan ini sangat penting karena untuk berkembang kita harus melakukan hal yang kita sukai. Bukankah menyenangkan jika pekerjaan kita adalah hobi kita? Pasti kita akan melakukannya dengan senang hati dan tanpa beban sehingga hasilnya bisa optimal.
2. Skill, keahlian adalah sesuatu yang dapat ditingkatkan sambil melakukan praktik langsung bukan hanya teori. Jadi mulailah melakukan sesuatu yang bermanfaat sesuai minat kita, jam terbang yang tinggi otomatis akan mengasah skill kita.
3. Opportunity & Needs, jangan sia-siakan kesempatan emas yang datang pada kita, karena belum tentu kesempatan datang dua kali meskipun ada kemungkinan itu tapi tidak perlu terlalu berharap. Selain itu perlu juga memperhatikan kebutuhan pengembangan diri dan kebutuhan yang ada di masyarakat, karena apapun yang kita buat terutama dalam dunia bisnis harus memperhatikan kebutuhan pasar jika kita menginginkan produk kita laku di pasaran.
Seperti Halal Local yang menjawab semuanya atas Personal Branding dari Teh Nurma Larasati. Passion yang sesuai, niat baik untuk membantu sesama muslim, skill yang terus terasah, kesempatan yang tidak disia-siakan serta jeli dalam melihat peluang pasar.
Selamat yaa buat Teh Nurma Larasati, semoga makin sukses dan terus memberikan kebaikan dan manfaat khususnya bagi Umat Muslim... Insyaallah berkah.
Semoga kita semua, apapun profesinya dapat menciptakan Personal Branding yang baik pula. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin
ETIKA BLOGGER
Tema kedua adalah Etika Blogger yang disampaikan dengan sangat asik oleh Teh Erry Andriyati, seorang Blogger pemilik akun blog Bibi Titi Teliti dan sangat menyukai Drama Korea.
Celotehannya yang ceplas-ceplos sangat menyegarkan siang itu yang lumayan panas, kehebohannya membuat para peserta talkshow tetap antusias mengikuti materi yang diberikan oleh Teh Erry.
Teh Erry Andriyati, pemilik blog Bibi Titi Teliti dengan senang hati berbagi ilmu tentang Etika Blogger |
Sebagai seorang blogger tentu kita harus meningkatkan kemampuan kita dalam memahami seluk beluk dunia blogger.
Bukan hanya cara menulis yang baik dengan ciri khas tertentu dan tetap menjadi diri sendiri tapi ternyata ada yang jauh lebih penting dari sekedar membuat tulisan bagus, yaitu Etika Blogger.
Berbicara tentang Etika Blogger, banyak komponen yang harus dipenuhi supaya menjadi seorang blogger profesional, diantaranya yaitu:
1. Konten atau tulisan harus original, bukan hasil plagiat
2. Tulisan dapat dipertanggungjawabkan, baik itu info data maupun sumber referensi
3. Bersikap bijak dalam memberikan ide maupun tanggapan/respon pembaca
4. Jangan sekedar copy paste dari press release karena isi tulisan kita harus berdasarkan pengalaman kita mengikuti acara atau menggunakan suatu produk dari brand tertentu atau sponsor yang harus direview
5. Berikan review yang jujur supaya pembaca tidak salah informasi. Jika ada hal yang kurang berkenan ato tidak pas dengan kita atas satu produk maka review tetap disampaikan dengan cara yang diplomatis supaya tidak ada yang tersakiti
6. On time datang ke acara dimana kita diundang, juga on time posting konten di media sosial maupun blog sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh penyelenggara
7. Jaga integritas dengan tidak melakukan black campaign karena hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain
8. Menghargai perbedaan pada setiap blogger karena masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.
Saya dan anak, sesaat sebelum mengikuti Blogger Talkshow |
PUTRI AYU TRADISIONAL MASKER
Acara Blogger Talkshow ini juga dipsonsori oleh Putri Ayu Tradisional Masker, salah satu UMKM yang memproduksi beberapa varian masker diantaranya, yaitu:
1. Kunyit
2. Milk
3. Oat
4. Coklat
5. Madu
Kebetulan saya dapat varian Milk. Tekstur masker ini lembut dan aromanya harum
Saya suka yang tradisional seperti ini karena lebih alami dan membantu melestarikan warisan budaya leluhur.
Yuk nonton video saya saat menggunakan masker ini, klik link youtube channel saya di bawah ini:
Sensasi segar dan lembab dari Putri Ayu Tradisional Masker
Jangan lupa like, subscribe dan comment.
Coffee Bar di Coffee Toffee |
Salah satu sudut nyaman umtuk menikmati kopi di Coffee Toffee |
Beragam menu makan siang bagi para peserta Blogger Talkshow |
Makan siang saya, Nasi Ayam BBQ |
Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.
Personil Katarasa Event Organizer dan Pembicara |
Goodie Bag event Blogger Talkshow |
----------------------------------
Follow IG:
@katarasaevent
@coffeetoffeegasibu
@takafulkeluarga
@putriayutradisionalmasker
@jdid
#literasiblogger
#katarasatalk1
#coffeetoffeebandung
#takafulevent
#jdid
#maskerputriayu
Comments