Melakoni Hobby Baru di Era New Normal Ala Linda

Topi koleksi, kalung bikin sendiri, nyobain eye shadow biru

Pertama-tama aku mau mengucapkan selamat pada diriku sendiri.  Karena selama jadi anggota Komunitas Bandung Hijab Blogger (BHB) 1 tahun 4 bulan ini, baru sekarang aku ikutan nulis di blog kolaborasi bareng BHB yang sebetulnya diadakan setiap bulan.

Yeeayy...akhirnyaaa aku ikutan kolaborasi. 

Selamat yaaa Linda! πŸ˜πŸ˜…πŸ₯³πŸ’ͺ

Merasa terpanggil karena ya masa siy gak ikutan lagi dengan tema seumum dan semudah ini...ahahha

Baiklah mari kita mulai bahas yang sesuai tema "Finding Hobby in New Normal"

Kita pasti punya kebiasaan baru di era baru ini. Begitu pula aku. Ada beberapa kebiasaan atau kesukaan baru yang muncul.


**********

MASKER
Sudah jelas ya di era new normal sekarang ini wajib pakai masker, bukan cuma hobby tapi emang harus. Trus hubungannya sama hobby ya matchingin masker sama baju, biar seru aja dan tetap semangat. 

Masker sebagai pelindung dan pelengkap OOTD


Memang akutu orangnya suka mix n match pakaian. Tujuan utamanya biar kalau mau pergi atau ada acara gak pusing mikirin baju dan lebih hemat waktu juga.

Aku suka fashion, tapi gak selalu menerapkan yang lagi trendy, kecuali cocok dan bikin aku nyaman. Jadi aku pakai fashion gaya aku aja.



PASS CHALLENGE
Di awal pandemi banyak banget bertaburan berbagai macam Challenge yang dilakukan bareng beberapa teman. Trus aku ikutan juga dunk. Meski aku siy gak merasa gabut berbulan-bulan di rumah aja karena selalu ada aja yang dikerjakan.

Pass Challenge barengan manteman itu bikin jadi lebih semangat banget. Pertama diajakin sama Teh Rafahlevi bareng manteman BHB bikin Eat Snack Challenge kemudian Mask Challenge.


Saling support dan mengingatkan demi kebaikan bersama


Lalu bareng manteman SMP, sobat nongki dan para sepupu ikutan challenge tentang saling support selama pandemi, challenge memasak dll. Seseruan dan tetap menjaga silaturahmi.


MEMASAK DAN  FOOD PLATING
Pandemi ini bikin kebanyakan dari kita memang jadi lebih sering bikin masakan sendiri. Terutama karena lebih terjamin kebersihannya. Meski klo aku siy bukan type yang terlalu higienis banget. Tetep jajan di luar, termasuk dari pedagang kaki lima. Asalkan pedagang dan dagangannya tampak bersih aja siy no problemo.

Mencoba resep baru itu menyenangkan. Apalagi klo aku lebih suka eksperimen gitu. Jarang lihat resep2, lebih sering masaknya mengarang bebas aja, pakai bahan yang ada di rumah/kulkas dengan bumbu yang kira-kira matching. Klo pengen bikin sesuatu tapi tampak abstrak banget bumbunya, baru dech aku kepoin resepnya di internet. Atau harusnya aku tanya sama Teh Dian Andari Yuan, anggota BHB juga yang emang jago banget masak.

Penyajian yang menarik bikin kita lebih semangat makan, bukan cuma anak-anak tapi orang dewasa juga gitu. Semangat karena nilai masakan jadi lebih tinggi dan orang juga merasa dihargai karena dikasih sajian makanan enak dan menarik.

Pada dasarnya aku suka menggambar dan bikin karya-karya dekoratif. Trus aku juga senang bikin karya lukisan kolase dengan memadukan dan memanfaatkan berbagai macam bahan. Misalnya cat acrylic + kain + tali + korek api + ranting + lilin + daun, atau kerang + batu + pasir + pecahan kaca, dll.


Ki-Ka:
1. Luar Angkasa di Atas Planet Tempe Pedas
2. Burger Tahu Tempe Mahkota Desa
3. Tahu Pedas Sabit Bertemu Tempe Ekor Cengek


Ki-Ka:
1. Nasi Keupeul Nori Kiripik Cau di Antara Semburat Merah Mentari Pagi
2. Nasi Keupeul Indian Apache Siduru
3. Nasi Keupeul Panji-Panji Bajak Laut di Tengah Badai Sore Hari


Ki- Ka:
1. Beruang Kembar Bermain di Hutan Seledri
2. Purnama di Balik Seledri
3. Label Jala


Ki-Ka:
1. Musim Dingin di Dasar Laut Ubi
2. Dunia Bola Ubi Hening Bersalju
3. Besengek Hihid Menantang Angin


Ki-Ka:
1. Ayam Geprek 1/2 Simple
2. Roti Goreng Sosis Keju
3. Tahu Gulung Telur


Ki-Ka:
1. Sup Jagung Makaroni
2. Sup Misoa Sosis
3. Sayur Kacang Endul


Ki-Ka:
1. Oat Cheese Coffee Cake
2. Cokelat Marie Butiran Pelangi Harapan Jiwa
3. Dalgona Coffee Choco Cake


Ki-Ka:
1. Sosis Telur Saus Tiram
2. Batagor Kampung Apa Adanya
3. Oseng Tulang Jambal Seuhah


Nah saat aku lebih sering masak dan ada di rumah ini jadi suka bikin food plating. Aku belum pernah belajar food plating. Aku bikin aja food plating suka-suka ala aku pakai bahan yg ada di rumah, yang penting happy. Mungkin nanti aku bakalan kepoin juga sebetulnya food plating yang baik itu seperti apa.

Aku juga suka bikin judul unik sedikit puitis untuk masakan atau food plating yang aku bikin. Karena setiap plating yang dibuat memang ada ceritanya, sama seperti lukisan atau puisi. Terkadang itu adalah curcol. 




TOPI
Salah satu hobby aku adalah mengoleksi topi. Kalau jalan-jalan, biasanya yang aku cari adalah aksesoris, rompi, boots dan topi. 

Selama pandemi dan new normal ini aku belum nambah koleksi topi baru. Tapi bikin lebih ingat klo aku punya koleksi topi. Ahahha...

Jadi sekarang lagi suka OOTD pakai topi-topi koleksi aku. Kan kasihan ya klo dianggurin, udah lama gak diajak traveling. 


Topi-topi koleksiku

OOTD pakai topi-topi koleksi

Aku sedih karena beberapa koleksi topiku ada yang rusak dan hilang karena dipinjam teman. Padahal ngumpulinnya kan dari berbagai macam tempat yang aku kunjungi. Hiks....

Tapi aku kadang suka ngasih juga ke saudara, beberapa topi koleksi yang bentuknya mirip dan menurutku gak terlalu susah buat dapetinnya.



AKSESORIS
Nah ini juga termasuk hobby lama yang agak terlupakan. Lupa banget siy nggak ya. Cuma awalnya aku jarang pakai aksesoris itu sejak hamil Jena. Berlanjut setelah Jena lahir. 

Saat itu, rasanya pakai aksesoris itu kok ribet banget ya, takut kena wajah anak pas kita gendong. Gedean dikit takut putus karena ditarik-tarik sama anak. 

Padahal akutu sejak kecil suka banget aksesoris. Beli maupun bikin. Sejak TK sampai kerja aku suka bikin aksesoris kayak jepit, bross, kalung dan gelang. Trus dijual ke teman-teman sekolah dan teman kantor. 

Sekarang mulai bikin aksesoris lagi tapi masih serba setengah jadi. Gak apa-apa lah ya namanya juga baru muali lagi. Dan hobby itu buat bikin happy bukan bikin stress.

Dulu di kantor aku dipanggilnya Linda Arsitek atau Linda Kalung. 

Eh jadi baru inget lagi klo beberapa tahun yang lalu itu aku arsitek. Ahahah.... Panjang dech ceritanya sampai belum berlanjut lagi arsitek-arsitekannya. Meski mungkin klise dan standard.



MAKE UP
Selama hidup, untuk pertama kalinya aku mencoba pakai eye shadow warna biru dan hijau....yeeeayyy....terima kasih new normal 

Jadi yaa selama ini aku pakenya cuma eye shadow warna pink, orange dan coklat aja. Cari warna aman dan netral. Eh pernah juga abu-abu sekitar 2-3 kali.

Setelah dicoba ternyata aku suka karena bikin mata lebih hidup dan menurutku cocok aja siy dipakai di aku. Akhirnya aku keluar dari salah satu zona aman dan nyaman....ahahha.... terima kasih new normal.



BERKARYA di GARASI dan CARPORT
Jadi di rumahku ada salah satu garasi yang gak terpakai jadi kayak gudang aja. Sayang banget kan. Trus diberesinlah itu garasi bareng suami. Sekarang garasinya jadi tempat kerja dan studio suamiku yang seorang seniman. 

Bikin mainan yang simple bareng anak. Semacam playdoh, origami, puzzle kardus,perahu kardus, kios kardus, topi dan baju zirah kardus, dll. 

Bikin beberapa target panahan sambil mengenalkan olah raga panahan ke My Baby Jena. 

Garasi dan carport jadi tempat nongkrong baru

Perahu sekaligus kios kardus punya Jena

Jadi kami ini sekarang hobby nongkrong di garasi dan carport. Jena juga senang banget main perahu kardus yang klo diberdirikan itu bisa jadi kios/counter makanan buat jena 'jualan' burger dan es krim.

Trus karena nongkrong di garasi dan carport, akses ke halaman depan lebih mudah dan jadi suka sambil nyabutin rumput liar buat 'ngasih makan kuda peliharaan' Jena. Anak senang mami juga senang ada yang bantuin cabut rumput liar. Ahahhaha


JUALAN
Sebetulnya jualan itu bukan hobby baru, dari kecil senang jualan hanya varian benda yang dijual aja suka beda-beda. 

Barang-barang jualan aku 

Kalau dulu aku jualannya barang-barang fashion, gadget dan beberapa perlengkapan army. Sekarang aku jualnya kebutuhan orang di masa pandemi dan di era new normal ini. Jadi aku jualan hand sanitizer, disinfektan, faceshield dan thermogun. Ditambah dorokdok penghilang stress dan kadang-kadang buku.


FOTOGRAFI
Jelas ini pendukung untuk mengabadikan kegiatan dan hobby kita. Meski kemampuan motret masih standard dan alat untuk ambil fotonya juga cuma kamera handphone, ya kita berdayakan aja yang ada.


KELAS ONLINE
Beberapa kali ikutan kelas online di beberapa group whatsapp. Temanya macam-macam, tentang edit foto pakai aplikasi PicsArt, edit video pakai Kinemaster, parenting, keuangan, kesehatan dll. Lumayan banget ya buat upgrade diri nambah ilmu, biarpun 87,5% masih di rumah aja.

Before 
After
(efek kaki keluar dari frame)

**********

Jadi begitu dech aku menjalani hari-hari di era New Normal ini. Banyak keseruan baru dari hobby yang memang baru maupun hobby lama yang mulai dijalani lagi, tentunya kali ini bersama anak dengan segala kehebohannya.

Berkarir sebagai arsitek, atlit berkuda atau punya stock barang fashion kayak dulu itu belum memungkinkan lagi buatku sekarang ini. Gak tau juga kalau besok lusa. 

Menurutku, biarkan semua mengalir sesuai sikon terkini. Gak usah menyesal juga kenapa dulu begitu sekarang begini. Gak perlu bandingkan kondisi kita dengan orang lain. 

Jalani apa yang ada di depan mata. Semuanya punya cerita. Masing-masing kita punya medan perang sendiri yang pasti akan berbeda satu sama lain.

Hobby baru atau hobby lama yang dilakoni lagi dengan senang hati bisa bikin bahagia dan otomatis daya tahan tubuh meningkat. Penting banget kan biar gak gampang terkena virus.



**********

Tulisan ini adalah kolaborasi dengan teman-teman di Komunitas Bandung Hijab Blogger (BHB). Terima kasih yaa kalian selalu menginspirasi. 




**********

Terima kasih juga buat yang sudah mampir dan baca tulisan ini. Semoga bermanfaat dan berkah. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.



Wassalam,

Comments

yang samaan ama diriku itu kesibukan masak memasak dan mencoba aneka resep baru kak, sepertinya banyak yang seru buat di re cook
Shyntako said…
pandemi memang bikin kita putar otak untuk stay productive ya mba, dan wow excellent deh dirimu well done creativenya dari masak dan plating, sampe ke bebikinan art n craft buat anak ya
Marfa Umi said…
Wah Kak Lindaaa, seru2 sekali ya hobi barunya :D food platingnya cantik2 ih sungguh. Kolektor topi juga nih, bs padu padan sama maskernya sekalian ya kak :D
Raja said…
Kalau aku jadi sering ikutan kelas online/webinar terutama yang berkaitan dengan bisnis. Yah, walau kuota kesedot, tapi banyak ilmu dan manfaatnya
Btw kak linda, hobby barunya oke oke semua nih. Aku paling suka yang plating, ih jadi lucu lucu gitu yaaa... Ajarin donk hehehehe btw foto fotonya cakep banget loh apalagi itu ada efek kaki keluar dari frame itu editnya pake app apa kak?
Meywa23 said…
Klo katanya pademi ini untuk kaum rebahan, kayaknya gak sepenuhnya bener deh. Buktinya ini hobi udah kayak jalanan kota Jakarta saat normal. Padet. Banyak banget hobi yang di lakukan di masa new normal ini. πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Rizka Edmanda said…
Salfok sama bloggernya cantik banget hehe apapun itu harus menikmati masa masa dirumah aja selama pandemi dengan hal yg fun ya
Aiyaselvia said…
Selama pandemi, emang pada putar otak mencari rezeki, salah satunya menekuni hobi dan minat ya, jadi ngejalaninnya juga fun
ndueisndue said…
yang paling menarik itu menghias masker atau bahkan bikin custom masker sendiri. sekalian belajar ngerajut juga bisa dapet penghasilan tambahan kan klo menarik untuk dijual. hehe
Nuylentik said…
Terpaporit aku diconten nya teteh food flating, sma mix and match masker and baju, aku suka bangeut teh, inspiring
Yudha said…
Suka banget sama ulasan artikel ini. Lengkap penuh inspirasi dan pasti nya buat para pembaca envy banget hahaha
ida tahmidah said…
Wah keren banget dirimu banyak banget hobi barunya..kreatif ih. Btw itu topinya meni banyak..hehe
Rafahlevi said…
Wahhh banyak banget aksesorisnya teh linda... mantull dipake semua kah itu? Hahaha...
Aku sering liat teh linda ngepost platong makanan di ig. Keren hobi barunya❤
nitalatif said…
Salfok saka koleksi topi nya... Keren2....,bekum lagi masakannnya yang terkihat enak bangett... Ga nyesel baca artikel ini.... Goodjob
Irra Octaviany said…
seru banget teh kegiatan selama pandemi diisi dengan hal hal positif ya.
Bioeti said…
Aku juga eksekusi salah satu resepnya di IG.
Praktis dan banyak yang suka..
Widya revina said…
Pandemi malah bikin tambah produktif dan kreatif ya teh. Keren banget semangatnya. Sukses terus teh.
Wow, keren momi Jena..banyak banget hobinya. Talented banget🀩
Widya nuraini said…
Keren banget bisa makin produktif gini... kreatif banget sih teehh
Mugniar said…
Masya Allah. Keren banget. Hari'harinya penuh kreativitas, Mbak Linda ini. Saluut. Pasti happy selama di rumah saja, gak bosan.
Pas baca bagian ini, nyaris ngikik tadi:
Anak senang mami juga senang ada yang bantuin cabut rumput liar. Ahahhaha πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Afin Yulia said…
Jadi lebih banyak eksplorasi ya Mbak selama pandemi. Jadi lebih seru meski pandemi bikin kita nggak bisa ke mana-mana.
Sriw_sw said…
Food planting nya bikin aku amaze banget. Bagus banget mba, keren ih serasa kaya makan di resto mahal hhi
banyak sekali hobi menarik dan positif yang muncul selama pandemi ya kak, diriku juga jadi rajin nyobain aneka resep sama buat makanan tradisional yang kusuka sih
Aiyaselvia said…
Banyak banget, kebiasaan yang berubah pada masa sekarang ya, yang penting tetap jaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan
Fenni Bungsu said…
Ide kreatif memang jadi banyak bermunculan mbak selama di rumah aja, dan jadi banyak juga skill yang ingin ditingkatkan, sehingga rasa bosan bisa diminimalisir
Asih Mufisya said…
Asyik ya buat food planting, menarik dan bikin kepengin. Saat pandemi ini memang bikin banyak perubahan dalam hidup kita, salah satunya meningkatkan hobi kita. Keren-keren topinya Mbak, suka deh.
Wenda Witrasari said…
Ya ampun Linda Kreatif dan produktif banget ya aku jadi malu ama diriku yg rebahan mulu, mupeng liat topi topinya Linda ama masakannya
catatansiemak said…
Aku ditambah berkebun dan mendandani dapur hehhehe. Seneng aja sekarang mbenerin dapur biar cakep
Marfa Umi said…
Kreatif2 bgt ka Lindaaa. Aku tuh slm d rumah plg itu2 aja trs jd sadar ko masker ku gt2 aja yah. Kebetulan pas baca ini jd pengin bikin masker yg bs cocok sm bajuuu :D

Popular posts from this blog

Bakso Sultan Bandung Bikin Happy

Review OMO! Masker Halal Dari Korea

Cerah bersama MS Glow Aesthetic Clinic dan Bandung Hijab Blogger