Tips Mengelola Keuangan dan Berbisnis Secara Menyenangkan Sesuai Yang Kamu Mau

Talkshow FUNancial yang fun banget

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh,


Apakabar semua? Mau tanya niiiiyyy....

Asik gak kalau bisa mengelola keuangan dengan cara fun dan sesuai "YangKamuMau? Asik dong pastinyaa...

Seru gak kalau kita punya bisnis "YangKamuMau dan sesuai dengan hobby kita? Seru banget kaaann...

Nah kali ini aku mau berbagi hal tersebut diatas.


Beberapa waktu yang lalu, tepatnya Sabtu 7 Desember 2019 aku hadir di acara Talkshow FUNancial #YangKamuMau bersama Home Credit Indonesia di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Jl. Cihampelas No.96, Bandung.

Talkshow ini mengusung tema START-UP SMART: Financial Tips for Turning Your Hobby Into a Business. Menarik banget kan yaa...

Merasa dapat banyak pencerahan banget lho...mulai dari mengelola keuangan pribadi dengan cara yang menyenangkan sampai akhirnya terbuka kesempatan untuk memiliki penghasilan atau bisnis sesuai dengan yang aku mau...yang kamu mau.

Talkshow FUnancial ini memang fun banget karena diawali dengan ice breaking seru yang dipandu oleh MC Kak Uchita Pohan. Beberapa peserta talkshow yang menggunakan kostum serba merah didaulat untuk tiba-tiba fashion show...hahahha....Kemudian dilanjutkan dengan beberapa games seru. Semua peserta yang maju ke depan dan para pemenang games mendapatkan hadiah menarik.

Ibu Freya menjelaskan tentang Home Credit Indonesia

Acara utama dimulai dengan perkenalan Home Credit oleh Ibu Freya. Home Credit merupakan perusahaan penyedia pembiayaan multiguna berbasis teknologi yang programnya dikembangkan secara offline dan online. Kalau kamu misalnya perlu pembiayaan untuk renovasi rumah, furniture, kendaraan, pendidikan atau bahkan liburan, kamu bisa coba fasilitas  kredit tanpa kartu yang ada di Home Credit ini.

Untuk tahu lebih jauh tentang Home Credit, bisa berkunjung ke website-nya:
www.homecredit.co.id


***

Ki-ka: Kak Dipa, Kak Takdis, Kak Uchita

Acara dilanjutkan dengan Talkshow yang diisi oleh pembicara yang handal di bidang financial yaitu Kak Dipa Andika yang merupakan Financial Planner dan Co-Founder dari Hahaha Corp. Lalu ada Kak Muhammad Takdis yang merupakan Owner Whatravel Indonesia yang bisnisnya berawal dari hobby traveling.

Menurut Kak Dipa, dalam berbisnis pasti kita berharap untung tetapi kita harus menyiapkan diri untuk rugi juga, tentunya dengan perhitungan yang kita masih bisa mengcover kerugian tersebut. Semua harus dipelajari dan direncanakan dengan matang.

Seperti yang Kak Dipa lakukan dalam membangun bisnis Hahaha Corp yang merupakan manajemen komika, meskipun basic pendidikannya adalah Teknik Elektro tapi sekarang Kak Dipa sukses di bidang manajemen dan menjadi seorang financial planner.

Dengan gaya serius tapi santai dan fun, Kak Dipa membagikan ilmunya untuk cikal bakal bisnis yang sehat.


Cikal bakal bisnis sehat, yaitu:

1. Jalankan yang kita senangi
Penting lho ini, karena ini adalah faktor  awal yang menentukan bisnis kita akan berhasil atau tidak. Kalau kita bahagia dalam menjalani pekerjaan atau bisnis, maka kita akan merasa ringan melakukannya, selalu menghadapi hari dengan semangat dan siap menghadapi tantangan pekerjaan hari itu tanpa mengeluh.

Pisahkan keuangan pribadi, keluarga dan bisnis

2. Pisahkan keuangan pribadi, keluarga dan bisnis
Keuangan harus dikelola dengan baik dan benar. Jangan menggabungkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis supaya tidak kacau, meskipun kita baru memulai bisnis atau bisnis yang dijalani belum terlalu besar.

3. Pisahkan keuangan antar bisnis jika memiliki beberapa bisnis yang berbeda
Hal ini tentunya untuk memudahkan  penanganan dari masing-masing bisnis itu sendiri.

4. Catat pemasukan dan pengeluaran
Terutama dalam berbisnis, pencatatan cashflow seperti ini sangat sangat penting bahkan untuk nominal kecil yang seringkali diabaikan, padahal kalau dijumlah per bulan ternyata banyak juga lho, seperti pengeluaran parkir, memberi tip, dll. Semuanya harus dicatat untuk keperluan evaluasi (per minggu, per bulan, per tahun).


Membuar report keuangan secara berkala


Begitu pula dengan keperluan pribadi sebaiknya ada pencatatan keuangan juga untuk mengetahui kebutuhan keluarga dengan periode waktu tertentu karena ada pengeluaran rutin per minggu, per bulan, per tahun. Seperti misalnya bayar listrik, air, keperluan sekolah anak dll.

5. Membuat dokumentasi
Penting sekali untuk memiliki, mengumpulkan dan menyusun dokumentasi seperti dokumen kontrak, invoice, kuitansi, bukti potong pajak, dll. Selain untuk evaluasi, sebaiknya menyimpan semua dokumen ini paling tidak untuk jangka waktu 5 tahun karena biasanya pemeriksaan pajak akan melihat dokumen dalam 5 tahun kebelakang.

6. Menggaji diri sendiri
Meskipun bisnis ini milik sendiri tetapi kita harus tetap profesional, salah satu caranya dengan menggaji diri sendiri dengan nominal yang sama di tanggal yang sama. Atau jika pemasukan kita belum stabil bisa dengan nominal di bottom tapi pada tanggal yang sama. Kalau ada profit lebih maka dimasukkan ke dalam bonus. Yang pasti kita usahakan membuat track record yang bagus dan stabil di rekening koran kita.

7. Bisnis yang benar akan tetap jalan meskipun kita sedang tidak ada di tempat atau sakit. Caranya kita harus bekerjasama dengan orang lain, mendelegasikan beberapa pekerjaan kepada orang lain, jadi tidak semuanya dikerjakan oleh sendiri.

Kak Dipa juga mengingatkan tentang pentingnya berinvestasi, biarpun nilainya masih kecil tapi sebaiknya segera untuk berinvestasi. Sekarang banyak lembaga investasi yang menawarkan investasi mulai dari nominal kecil. Banyak sekali manfaat investasi, diantaranya keamanan dan kenyamanan di masa tua, biasa disebut dengan investasi dana pensiun. Selain itu juga untuk sekolah anak, aset ataupun liburan keluarga harus dipikirkan terutama dengan adanya inflasi.


Prinsipnya 

'NANTI GIMANA' bukan 'GIMANA NANTI'


***

FUNancial by Home Credit Indonesia


Selanjutnya Kak Takdis juga dengan senang hati berbagi pengalaman tentang asal mulanya memiliki bisnis travel agency yang kini sudah cukup besar dan dikenal luas yaitu Whatavel Indonesia.

Kak Takdis membangun usaha ini berdasarkan minat yang cukup besar pada dunia traveling. Beliau memang memiliki hobby jalan-jalan, maka dari itulah perusahaan yang didirikan juga diberi nama PT. Senang Liburan Bersama yang berdomisili di Jakarta.

Bersama Whatravel Indonesia, Kak Takdis membuat banyak paket trip asik dan menarik dengan harga terjangkau sehingga masih bisa diikuti oleh pelajar dan mahasiswa yang menabung dengan rajin.

Menurut Kak Takdis, bisnis harus dipisahkan dengan pertemanan, bisnis is bisnis yang harus dijalankan secara profesional. Apalagi jika bisnis mulai besar maka perputaran uang juga tidak sedikit lho, jadi harus dikelola dengan baik dan hati-hati. Supaya tetap amanah dengan dana yang dititipkan customer (untuk traveling: mengurus visa, transportasi, akomodasi, dll). Masuk akal yaaa...

Buat Kak Takdis yang pernah mengenyam pendidikan di NHI Bandung ini, berinvestasi juga penting untuk masa depan. Memiliki deposito itu boleh tapi nilainya tidak lebih banyak dari tabungan karena deposito hanya bisa dicairkan di waktu tertentu saja dan tidak bisa untuk dana darurat, jadi beliau lebih suka menyimpan uang dengan porsi yang lebih banyak di dalam tabungan yang bisa diambil kapanpun.


***

Wuuaahh menarik banget yaaa bahasan yang dipaparkan oleh Kak Dipa dan Kak Takdis, banyak sekali ilmu yang didapat.


Makanan lezat penutup acara

Acara ditutup dengan makan siang lezat dari Upnormal...alhamdulillah.

Terima kasih yaaa sudah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin



Wassalam,

Linda NM









Comments

Herlina Nuraeni said…
Bener yaa, mengelola keuangan tuh penting banget. Tipsnya amat berguna.Ini sih reminder buat aku yang suka kalap kalau belanja wkwkw.
Unknown said…
πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Dea MS said…
Home credit ini udah agak lama adanya ya tapi berkembangnya pesat sekali..
Nchie Hanie said…
Huhuuu..baca tentang keuangan tuh emang agak berat ya, kadang kebutuhannya banyak tapi kurang sesui hahahhaa, curcol deh.
Tapi yang penting buatku invest buat anak sekolah penting banget, secara jaman now mihil.
Nimas said…
waaah, ini jd self reminder sekali buatku teh supaya saya masih harus membenahi pola manajemen finansial di rumah... dan kayanya saya memang harus mulai belajar ngelirik investasi ya supaya dana yg ada bisa jd lbh produktif...
Rafahlevi said…
Waww...thank you teh Linda, biarpun gak sempet datemg ke event funancialnya.. share artikel ini bikin aku melek ngelola keuangan.. sipπŸ˜—πŸ˜—
Orin's Journal said…
mashaa Allah seru banget sangat bermanfaat nih ilmunya makasih udah ditulis di blog hehe
Wah... kali ini dapet ilmu tentang dunia bisnis. Poin poin diatas musti diterapin di kehidupan sehari hari juga nih sepertinya..
Acaranya bener-bener seru yaa Teh, pulang-pulang dapetin banyak ilmu seputar keuangan yaa hehe
Maya Dewi resmi said…
Akupun sangat menikmati acaranya dan belajar nabung serta investasi banget
Anisa Nuha said…
Setuju sama semua poinnya...alhamdulillah sekarang udah menerapkan semuanya. Semoga financial planingku gak amburadul :D
Indri Cume said…
Aku juga sangat menikmati acaranya teh, keren banget, bermanfaat banget & ga boring jg. Hhi btw kita ketemukan ya haha pdhal wktu itu jg kita barengan tp lupa lagiπŸ˜‚
sucijewels said…
acaranya seru , tips yang diberikan pun sangat bermanfaat untuk kita kita yang ingin menjalankan bisnis
Seru banget pas acara ini, ilmu nya bermanfaat buat aku yg gbsa ngatur keuangan πŸ’•

Popular posts from this blog

Bakso Sultan Bandung Bikin Happy

Review OMO! Masker Halal Dari Korea

Cerah bersama MS Glow Aesthetic Clinic dan Bandung Hijab Blogger